KOMUNITAS PERSATUAN INTERDENOMINASI GEREJA YANG MEMPERJUANGKAN TERJADINYA KEBANGUNAN ROHANI

JALAN (THE PATH) - BAGIAN 31

Posted By passion for revival on Sabtu, 08 Mei 2021 | 2:21 AM

Oleh : Rick Joyner
(Diterjemahkan dari buku "The Path: Fire on the Mountain")

BAB DUA BELAS
PENGALIHAN (2)


Aku kemudian meminta Charles untuk membagi kelompok menjadi tim yang masing-masing terdiri dari empat orang yang akan mulai bertugas. 
Mengawasi para pria dan wanita yang telah bersedia menjadi sukarelawan sebagai penjaga.  Aku meminta William untuk perkenalkan mereka kepada mereka yang saat ini telah bekerja sebagai penjaga.  Saat aku bergerak untuk pergi, William dan Andrew memulai percakapan dengan beberapa dari mereka dan tetap tinggal di situ.
 
Setelah pertemuan dengan penjaga, kami mengirim dua kelompok untuk berjalan di depan kami menuruni bukit untuk mengawasi sepanjang jalan dan mencari air.  Sekitar satu jam kemudian, para utusan kembali mengatakan mereka telah menemukan tempat yang cukup layak untuk berkemah pada malam hari, tetapi masih belum menemukan air.
 
Aku khawatir bahwa aku telah melewatkan suatu belokan dan telah membawa mereka menyimpang ke jalan yang salah.  Jika memang ini masalahnya, dalam hal ini kami harus kembali ke tempat kami melewatkan belokan itu.  Jalan yang salah tidak akan pernah menjadi jalan yang benar, tetapi akan membawamu semakin jauh dari jalan yang benar.  Berjalan kembali selalu mengecilkan hati, tetapi terkadang itu perlu dilakukan.  Keputusasaan akan semakin besar jika tidak ada makanan atau air hidup untuk diminum. Aku memutuskan untuk mendiskusikan situasinya dengan William, Andrew, dan Charles.

 Karena tidak ada dari kami yang dapat memikirkan tempat mana pun di mana kami telah menyimpang dari jalan yang seharusnya, kami memutuskan untuk terus maju, setidaknya ke tempat kami bisa berkemah untuk bermalam dan mungkin mendapatkan perspektif yang lebih baik di pagi hari.

 Setelah menetap di perkemahan, William datang untuk duduk di dekatku.
 “Aku tidak pernah menyangka apa yang kaulakukan dengan anak-anak itu hari ini.  Sepertinya dengan hanya memberi mereka suatu bagian tugas telah mengubah sikap mereka sepenuhnya.  Mereka bukanlah anak-anak seperti yang kukira.  Aku senang engkau melihat lebih banyak di dalam mereka daripada yang bisa aku lihat," katanya.

 “William, kamu benar tentang mereka.  Mereka seperti yang kaupikirkan.  Mereka berada dalam bahaya hendak memisahkan diri dari kita, dan mungkin mereka telah melakukannya jika bukan karena serangan singa.  Serangan itu menarik perhatian mereka, tetapi mereka hanya berada di dekat kita tanpa merasa takut.  Mereka mungkin memiliki rasa takut yang lebih sedikit daripada yang lain, tetapi mereka khawatir dengan serangan itu.  Engkau telah  melihat masalah dengan benar, dan aku menghargai kau mengangkat hal ini ketika Engkau/kalian melihat hal ini."

 “Kau terlalu baik menilaiku, tapi aku ingat apa yang kaukatakan tentang kita harus melihat setiap masalah sebagai kesempatan.  Aku tahu itu merupakan prinsip dasar kepemimpinan.  Aku gagal untuk melihat kesempatan dalam hal ini.  Yang mereka butuhkan adalah dihormati, dihargai dan diberikan suatu tujuan.  Aku gagal untuk melihatnya, ”keluh William.  “Aku mungkin akan mulai berlaku keras kepada mereka karena menjadi sangat angkuh dan sombong.  Mungkin aku juga akan mengusir mereka."

 “Mungkin, tapi kamu tidak akan melakukannya lain kali,” jawabku.  “Aku tidak mendatangi mereka hanya untuk mencoba membuat mereka berbaur dengan anggota kelompok lainnya.  Kita memang membutuhkan mereka.  Mereka sangat penting untuk kita semua agar kita dapat melalui hutan belantara ini.  Untuk berhasil, kita perlu supaya setiap orang berada di posisi yang tepat untuk melakukan apa yang menjadi tugas panggilan mereka.

 “Anak-anak itu sangat senang dengan serangan singa.  Beberapa orang panik yang memang wajar jika begitu, tetapi sebagian besar dari mereka siap untuk bertarung walaupun mereka takut juga.  Mereka menyukai cara Elia pergi tepat setelah singa itu.  Mereka adalah pejuang.  Dengan beberapa pelatihan dan bimbingan, mereka akan menjadi kekuatan yang penuh kuasa pada saat kita sampai di gunung.”
 “Sekarang inilah bagian yang mungkin masih belum engkau lihat — mereka membutuhkanmu, dan kau membutuhkan mereka,” kataku.

 “Aku ingin sekali membantu mereka, tapi bagaimana caranya?  Aku tinggal dan berbicara dengan mereka beberapa saat setelah engkau pergi.  Aku merasa seperti aku hampir terikat dengan mereka.  Aku terkejut mengetahui betapa aku tertarik pada mereka.  Aku tidak menyangka sama sekali.  Jadi menurutmu aku bisa membantu melatih mereka? ”  tanya William.

 "William, engkau juga mempunyai karunia yang belum kau ketahui," jawab aku.  “Mereka membutuhkan seorang mentor, dan engkau bukan hanya seorang mentor yang baik, kau adalah orang yang tepat menjadi mentor mereka.  Ada kepemimpinan di antara semua anak-anak muda itu
 dan engkau dipanggil untuk menjadi guru bagi mereka.  Mereka akan mengeluarkan air hidup itu darimu yang bahkan kamu belum sadari itu ada di dalam kamu."

 "Aku mengakui kalau aku bersemangat untuk mencoba," jawab William.  “Apa yang harus kulakukan selanjutnya?”

 “Dasar dari semua panggilan dan apa yang kita lakukan dalam Tuhan adalah keluarga menjadi hal yang utama.  Hubungan an niarkan mereka mengenalmu.  Hubungan dibangun di atas kepercayaan dan kasih.  Namun, mereka tidak membutuhkanmu sebagai teman mereka yang lain lagi, tetapi sebagai seorang ayah dan, terkadang sebagai sersan pelatih.
 “Kau tidak perlu berubah untuk terhubung dengan mereka sebagaimana seharusnya, dan mereka tidak harus  berubah supaya dapat terhubung denganmu.  Jadilah dirimu sendiri, dan biarkan mereka menjadi diri mereka sendiri.  Kita semua akan mengalami perubahan sepanjang perjalanan ini, tetapi harus melalui proses dari berbagai pengalaman, bukan perubahan secara permukaan saja. Mereka akan jadi dewasa, dan sebagian sifat mudamu akan dipulihkan.” 

 “Itu sangat membesarkan hati dan membebaskan,” jawab William.  “Aku agak terganggu ketika orang-orang seusiaku mencoba bertingkah seperti remaja.  Aku sudah sangat menyukai anak-anak ini sehingga aku akan melakukannya jika aku harus melakukannya, tetapi aku pikir itu akan tampak buruk."
 
“Itu akan lebih buruk dari yang kita perkirakan, tetapi bagi kami supaya dapat menyesuaikan diri sebagaimana kita  dipanggil, kita semua harus menjadi sebagaimana yang Tuhan tetapkan, dan tidak mencoba menjadi yang lain.  Kepercayaan dan rasa hormat yang dibangun dalam semua hubungan sejati dimulai dengan kita mempercayai siapa diri kita dan menghargai diri kita sendiri untuk menjadi nyata satu sama lain.  Kita diperintahkan untuk 'berbicara benar satu sama lain, 'yang juga berarti menjadi sejati, menjadi nyata satu sama lain.”

 “Satu hal lagi tentang hubunganmu dengan mereka yang lebih muda ini — aku bisa melihat bahwa dengan hanya membicarakan tentang ini saja telah membangkitkan suatu kesadaran dalam dirimu.  Itulah air hidup yang mengalir di hatimu.  Ini air hidup yang hanya dapat keluar dari bagian hati kita yang paling dalam, kerinduan terdalam.  Kerinduan hati kita yang terdalam rindu menyentuh apa yang karenanya kita telah diciptakan.  Ketika engkau menyentuh tujuan itu, kalian membuka sumur air hidup di hatimu.  Kita mengikuti air hidup di sini karena itu akan membawa kita ke gunung.  Ikuti air hidup yang mengalir dari hatimu dengan cara yang sama."

 “Engkau benar kalau aku merasa mendapat energi hanya dengan pemikiran untuk dapat terhubung dengan anak-anak itu.  Pikiran menjadi mentor bagi mereka sangat mengasyikkan.  Tapi pagi ini aku bahkan tidak  menyukai mereka, tetapi sekarang mereka adalah orang-orang favoritku.  Engkau sudah tahu ini ketika kau membawa aku berbicara dengan mereka, bukan? "  tanya William.

 "Aku menduganya tadi," jawabku.  “Aku tahu mereka membutuhkanmu, dan aku berasumsi bahwa engkau juga akan memerlukan mereka.  Aku berharap engkau mencoba menjalin hubungan dengan mereka, tetapi aku tidak dapat mengatakan bahwa aku yakin kalau itu akan berhasil."

 “Bukankah akan selalu berjalan lancar jika Tuhan telah menetapkan sesuatu sebelumnya?”  William berkata, lebih sebagai pernyataan daripada pertanyaan.

 "Tidak.  Tidak selalu berjalan mulus atau secepat itu bahkan meskpun itu adalah tujuan-Nya. Kadang-kadang, dan aku bahkan sering mengatakannya, ketika sesuatu terjadi terlalu mudah atau terlalu cepat, mereka cenderung tidak penting atau kurang berharga."

 “Jadi, jika kita menerapkan hal itu pada hubunganku dengan anak-anak ini, maka hubungan itu tidak akan begitu penting," kata William, bertanya-tanya.

 “William, ada hukum, dan ada prinsip.  Tidak ada pengecualian untuk hukum, tapi prinsip memiliki pengecualian.  Ini adalah prinsip yang, menurutku, sering kali benar, tetapi tidak selalu demikian.  Umumnya, semakin kalian harus berjuang untuk sesuatu maka itu yang menjadi sesuatu yang semakin penting atau berharga, dan karena itu engkau akan menganggap itu sebagai sesuatu yang lebih penting dan berharga.”
 “Namun, aku tahu kau memiliki panggilan untuk menjadi mentor bagi generasi yang baru.  Untuk alasan inilah, meski hubungan awalnya tampak begitu cepat dan mudah, aku pikir kau harus sangat waspada terhadap hubungan yang masih sedang diuji ini, yang bisa jadi lebih sukar dari yang kauharapkan.  Hanya saja, jangan sampai terhempas saat ujian datang."

 “Aku mengerti maksudmu.  Kadangkala ujian tidak langsung terjadi, tetapi akan tiba juga akhirnya.  Mendapat peringatan seperti ini bisa sangat membantu.  Aku akan mencoba untuk siap menghadapi ujian agar tidak terguncang saat itu datang, " jawab William.

 Aku kagum pada betapa mudahnya William diajar ketika aku melihatnya berjalan menuju beberapa anak muda yang mendekat, jelas ingin berbicara dengannya.  Hubungan ini
 penting, dan mungkin hal terpenting yang pernah terjadi pada kami.  Aku juga tahu itu membuat para penjaga dilatih dan berada dalam posisi akan semakin menjadi penting setiap hari.

 Aku kemudian mengalihkan perhatianku pada krisis yang sedang kami hadapi— makanan dan air.  Semua pengintai telah datang kembali dengan laporan tidak menemukan apa-apa, dan sekarang terlalu gelap untuk mengirim mereka keluar lagi.  Semakin aku duduk memikirkannya, semakin banyak aku merasa ketakutan tentang menjadi pemimpin yang buruk bagi mereka turun ke atasku.  Ini adalah kebutuhan paling dasar yang dimiliki orang, dan aku telah membawa mereka ke suatu tempat dimana kebutuhan dasar mereka tidak terpenuhi.  Aku menjadi sedih karena aku telah mengecewakan mereka.
 
Saat aku melihat sekeliling, sebagian besar tertidur dengan cepat karena mereka sangat kelelahan. Mereka pasti sangat membutuhkan makanan dan air di pagi hari.  Aku juga lemah, tapi aku bahkan merasa lebih buruk karena merasa menjadi penyebabnya.  Untuk pertama kalinya sejak aku bergabung dengan grup ini, aku merasakan kembali kalau lebih baik melewati hutan belantara sendirian lagi.  Ketika aku sendirian, kesalahanku tidak akan mempengaruhi banyak orang.
 Aku tidak mengikuti prinsip paling dasar yang Elia katakan kepadaku — untuk tidak pernah jauh dari aliran air hidup.  Aku ingin tidur, terutama karena mengetahui bahwa hari berikutnya bisa menjadi hari yang sangat sulit, tapi aku tidak bisa tidur.  Aku ingin mendiskusikan situasinya dengan William, tetapi dia masih berbicara dengan beberapa dari mereka yang telah kami tugaskan sebagai penjaga.  Aku mulai berpikir bahwa tidak ada perasaan yang lebih kesepian selain menjadi seorang pemimpin dan perasaan bahwa kau  telah memimpin orang-orang yang berada di bawah tangung jawabmu dengan buruk.

 Aku memutuskan untuk bangun dan berjalan agak jauh dari perkemahan untuk berdoa.  Saat itulah aku melihat dia, berdiri di jalan setapak tepat di depanku.

(Bersambung ke BAB TIGA BELAS)












 
 
   
 
   
Blog, Updated at: 2:21 AM

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon TIDAK menggunakan kata-kata kotor atau kasar yang tidak memuliakan nama Tuhan. Terima kasih atas perhatiannya. Salam Revival!

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.