KOMUNITAS PERSATUAN INTERDENOMINASI GEREJA YANG MEMPERJUANGKAN TERJADINYA KEBANGUNAN ROHANI

JALAN (THE PATH) - BAGIAN 13

Posted By passion for revival on Selasa, 23 Februari 2021 | 1:47 PM

Oleh : Rick Joyner
(Diterjemahkan dari buku "The Path: Fire on the Mountain")

BAB ENAM
GURU (1)


Baik Elia maupun singa itu tidak dapat terlihat atau terdengar.  Mereka sepertinya baru saja menghilang ke hutan belantara.

“Itu adalah singa terbesar yang pernah kulihat,” kata salah satu penjaga. “Aku tidak percaya Elia akan mengejarnya seperti yang dia lakukan. "Apakah kamu mendengar apa yang dia katakan?"  Mary bertanya.

"Apa yang dia katakan?"  penjaga itu menjawab.

“Bahwa ada singa yang lebih besar dalam diri kita,” jawab Mary.

"Apa yang dia maksud?" seseorang bertanya.
 
“Tapi singa itu nyata!”  kata penjaga itu.

"Begitu juga singa di dalam dirimu," kata sebuah suara yang akrab. Elia berdiri di samping jalan di depan kami. Dia menoleh ke penjaga yang masih terguncang, dan melanjutkan:

“Jika kalian tidak belajar menghadapi singa, kalian akan lari dari mereka seumur hidup kalian. Jika kalian tidak mengejar mereka, mereka akan mengejar kalian sampai menjauh dari tujuan kalian, dan kalian akan mati di padang gurun ini.”  

“Tapi kita butuh senjata besar untuk menghadapi singa seperti itu,” protes penjaga itu.

“Kalian memiliki senjata yang lebih kuat dari senapan apapun.” Seperti yang aku katakan, 'Singa yang ada di dalam kalian itu lebih besar.' Jika kamu melihat Singa yang tinggal di dalam diri kalian, kalian tidak akan takut pada singa yang lain atau apa pun juga. Kalian tidak akan berhasil melewati tempat ini tanpa melihat Dia yang tinggal di dalam diri kalian,” balas Elia.
“Aku membantu kalian kali ini.  Jangan berharap aku akan sedekat ini dengan kalian saat mereka menyerang lagi Mereka akan kembali, dan mereka akan terus datang kembali sampai kalian membuat mereka lebih takut pada kalian daripada kalian takut pada mereka.” 

Semua orang berdiri memikirkan apa yang dikatakan Elia.  Seluruh pengalaman alam liar telah mengambil suasana yang jauh lebih serius. Mengetahui ajaran Kristus di dalam diri kita tidaklah cukup;  kita harus hidup dengan kenyataan bahwa Dia ada di dalam kita. Melihat Tuhan dan tinggal di dalam Dia bukan lagi hanya sekedar pilihan, tapi itu juga berarti masalah hidup atau mati.

Setelah beberapa menit, Mary berjalan ke arah Elia dan menatap langsung matanya lalu bertanya,

 “Apakah engkau Elia yang asli?”  

“Apa yang dikatakan hatimu?” dia membalas.

Semenit kemudian, Mary menjawab dengan sedikit keberanian, “Kamu benar-benar Elia. Maaf, tapi sulit dipercaya bahwa kami ini sangat istimewa sehingga engkau datang membantu kami. "  

"Menurutmu mengapa kalian sangat istimewa sehingga aku membantu kalian?" Elia membalas, menatapnya dengan tegas. “Bukankah memiliki Roh Kudus yang tinggal di dalam dirimu sebagai Penolongmu bahkan lebih besar lagi? Aku diberi kehormatan ini untuk mewakili semua nabi dan orang saleh yang membantu mempersiapkan jalan bagi Tuhan, tetapi engkau selalu memiliki Satu Pribadi yang lebih besar dari kami semua bersama kalian. Melihat Dia yang tinggal di dalam Kalian jauh lebih besar daripada melihat aku. Engkau tidak boleh terlalu terganggu oleh orang-orang yang menyampaikan firman Tuhan padamu sehingga engkau tidak lagi melihat Firman itu sendiri dan mengikuti Dia.

“Meski begitu, kalian memang spesial. Ini adalah saat-saat yang khusus, dan mereka yang telah dipilih untuk tinggal di dalamnya adalah orang-orang istimewa. Semua yang telah berjalan di jalan ini adalah orang yang  istimewa, tetapi untuk berjalan di sini pada saat-saat sekarang ini adalah salah satu kehormatan terbesar yang pernah ada.”  

“Apakah engkau datang karena engkau tahu singa akan menyerang kita?” seseorang bertanya.

"Tidak. Aku datang karena pertanyaan yang kalian ajukan.” 

“Apakah pertanyaan itu salah?” Mary bertanya dengan kerendahan hati yang belum pernah kulihat sebelumnya.

"Tidak. Mereka penting seperti yang dikatakan pemimpin kalian. Penting bagi kalian untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan terdalam yang kalian miliki. Beberapa dari kalian tidak akan berhasil melewati tempat ini tanpa memiliki jawaban atas pertanyaan kalian itu”  

“Masih sulit dipercaya bahwa engkau akan datang untuk menjawab pertanyaan kami secara pribadi, dan akan muncul di hadapan kami untuk itu,” kata Mary lembut.

“Aku tidak datang untuk menjawab pertanyaan kalian, dan ada sesuatu yang lebih penting daripada meminta aku datang,” kata Elia. “Aku dikirim oleh Sang Raja. Dan terlebih penting bahwa Tuhan peduli dengan pertanyaan-pertanyaan kalian."  

Kemudian Elia memberi isyarat kepada kami untuk mulai berjalan, dan berkata, “Penting bagi kalian untuk membuat kemajuan sebanyak yang kalian bisa ketika kalian memiliki cahaya. Kalian harus terus bergerak.” 

Saat kami berjalan melewatinya, aku berpaling untuk melihat, tapi dia sudah menghilang di pepohonan.  Kami semua berjalan diam beberapa saat. Beberapa tenggelam dalam perenungan. Yang lainnya memperhatikan dan mendengarkan apakah ada tanda-tanda singa akan datang lagi. Setelah lebih dari satu jam, Mary mendatangi aku.

“Elia akan kembali untuk menjawab pertanyaan kita, bukan?”  
"Dia mungkin kembali, tapi tidak untuk menjawab pertanyaanmu," jawabku.

“Tapi kupikir dia berkata bahwa dia diutus oleh Raja Sendiri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu?”  

“Ingatlah ayat di mana Tuhan berkata untuk 'memperhatikan bagaimana kamu mendengar.' Elia berkata dia datang karena pertanyaan-pertanyaan kalian, tetapi dia tidak mengatakan dia datang untuk menjawabnya. Dia datang untuk menyampaikan kepadaku betapa pentingnya pertanyaan-pertanyaan itu dan memberi tahu aku bahwa aku punya jawabannya. Ingatlah bahwa aku berkata kepada kalian bahwa Elia bahkan tidak tahu apa pertanyaannya.  Dia juga penasaran tentang semua pertanyaan itu."  

"Maafkan aku. Aku tahu engkau telah mengatakan ini. Aneh bagiku kalau setelah diangkat dan tinggal di surga selama ini dia tidak memiliki jawaban untuk setiap pertanyaan yang kami miliki, "Mary mencoba berasumsi. 

“Dia mungkin tahu jawabannya, jika dia tahu pertanyaannya. Elia adalah salah satu nabi terbesar sepanjang masa, tapi dia bukan Tuhan, jadi dia tidak maha tahu atau mahahadir. Dia juga memiliki keterbatasan."  

“Kami banyak berasumsi, bukan?”  Mary mengaku. “Aku hanya berasumsi bahwa setiap orang yang pergi ke surga akan mengetahui segalanya….”  

“Seperti Tuhan? Kita memang membuat banyak asumsi, bukan?  Kitab Suci memang berbicara tentang bagaimana kita akan mengambil kodrat ilahi, tetapi setelah Yesus dibangkitkan dan menampakkan diri kepada para murid-Nya, Dia berkata bahwa Dia belum dimuliakan.  Tentu saja Dia sudah dimuliakan sekarang, tetapi itu tidak berarti bahwa semua orang kudus yang telah pergi sebelum kita telah dimuliakan. Tampaknya ada perbedaan antara dibangkitkan dan dimuliakan. Dalam bahasa Ibrani, dikatakan bahwa mereka yang telah pergi sebelumnya tidak bisa menjadi lengkap, atau sempurna, tanpa kita.  Bisa jadi semua menunggu anggota terakhir dari tubuh Kristus untuk menempati posisi atau tempat mereka di sorga sebelum mereka dapat menerima pahala penuh atau dimuliakan. Dan tetap saja, untuk dimuliakan tidak berarti bahwa kita langsung akan mengetahui segalanya. Mungkin keabadian juga merupakan suatu pembelajaran dan penjelajahan yang berkelanjutan. "

 Kami berjalan diam selama beberapa menit. Mary tenggelam dalam pikirannya. Dia dan William adalah orang yang luar biasa, tetapi sangat berbeda.  Aku melihat yang lain, dan bertanya-tanya apakah mereka semua akan tampil dalam keunikannya sendiri. Aku bisa melihat menghabiskan keabadian hanya untuk mengenal mereka yang hidup di bumi dan tak akan berhenti terpesona. Sekali lagi aku bersyukur karena harus kembali ke padang gurun dan bergabung dengan grup ini, dan aku berharap punya waktu untuk mengenal mereka.

 Mary kemudian berbicara, "Engkau memiliki perspektif yang menarik, tetapi sekedar untuk pribadi kita saja, tahukah engkau apa pertanyaanku?"  Mary melanjutkan.

“Elia berkata bahwa aku dapat menjawabnya karena aku memiliki pertanyaan-pertanyaan yang sama, jadi kurasa aku tahu apa itu.”  

"Dan engkau punya jawabannya?"  

“Aku punya jawaban. Aku menghabiskan waktu bertahun-tahun mempelajari pertanyaan-pertanyaan yang tidak bisa aku dapatkan peroleh dari orang lain yang dapat memuaskanku. Ketika aku mulai mencari jawaban, aku merasa bahwa penyelidikanku dibimbing oleh suatu tangan yang khusus.  Aku sedang diperlihatkan hal-hal yang kurasa perlu kuketahui.  Aku sampai pada kesimpulan yang memuaskanku, tetapi aku tidak yakin itu akan memuaskan engkau.”
 “Sewaktu aku berbagi dengan Maria yang lebih muda, ada tertulis bahwa kita melihat sebagian dan mengetahui sebagian.  Aku tidak mengklaim memiliki jawaban lengkap untuk apa pun, tetapi apa yang aku temukan dapat membantmu.  Aku juga menduga bahwa engkau harus menambahkan kesimpulanmu sendiri pada jawaban-jawaban itu.  Engkau pun memiliki bagian untuk menambahkan sesuatu juga.”

“Yang lebih penting daripada jawaban itu sendiri adalah cara untuk menemukannya sehingga engkau bisa mendapatkannya sendiri. Aku hanya berharap bahwa aku dapat membantumu menemukan jalan dan kedamaian yang datang dari keyakinan penuh pada Raja kita yang sepenuhnya benar dan sepenuhnya adil.”

“Engkau mengatakan bahwa engkau telah diperlihatkan jawabannya.  Bagaimana caranya engkau menerimanya?” tanya Mary yang lebih muda, saat dia dan yang lainnya mulai berjalan bersama kami dan mendengarkan.

 "Itu mungkin pertanyaan terpenting dari semuanya," jawab aku. 
“Pencarianku adalah untuk mendapatkan jawaban, tetapi ketika aku menemukannya, aku menyadari jejak yang membawa aku kepada mereka lebih berharga daripada jawaban. Ini adalah jejak yang dapat menuntun ke semua jawaban lainnya."

“Bisakah engkau menjelaskan mengenai jejak ini?”  Mary bertanya.

“Ketika aku tidak dapat menemukan seseorang dengan jawabannya, aku mengajukan pertanyaan aku kepada Tuhan dalam doa. Dia menjawabnya dengan cara yang khusus dan menarik hati. Dia menjadi Guruku, dan Dia lebih baik daripada guru manusia manapun." Kataku..  “Inilah mengapa aku pikir pertanyaan kalian sangat penting. Bahkan yang lebih penting daripada mendapatkan jawaban adalah dapat mengenal Dia sebagai Guru Kalian."  

“Apakah Dia sendiri yang menampakkan diri atau mengirim seseorang seperti Elia atau malaikat untuk mengajari Kalian?” seseorang bertanya.

 "Tidak. Aku telah melihat Tuhan, dan aku telah melihat malaikat, tetapi tidak satu pun dari pengalaman itu yang menjawab pertanyaanku. Aku selalu berpikir bahwa jika aku dapat melihat-Nya, aku akan menanyakan segalanya kepada-Nya. Tetapi ketika Dia menampakkan diri kepadaku, aku bahkan tidak dapat memikirkan satu pertanyaan pun. Sebenarnya, aku tidak bisa berkata-kata dan sangat gentar pada Tuhan sehingga aku tidak dapat membayangkan mengajukan pertanyaan saat itu, tetapi itu adalah cerita lain.”
“Cara Dia menjadi Guruku adalah setelah aku berdoa dan meminta Dia untuk mengajari aku tentang sesuatu, Dia akan mengajari aku dengan cara-cara unik, yang aku mengenalinya sebagai jalan-jalan-Nya. Seseorang mungkin memberi aku sebuah buku atau pesan yang direkam yang akan memiliki jawaban untuk sebuah pertanyaan, tetapi aku tahu itu adalah Tuhan Sendiri yang memberikannya kepadaku.  Di lain waktu, aku merasa terdorong untuk menonton film atau acara televisi, dan itu akan menjadi jawaban atas pertanyaanku. Meskipun jawaban bagiku mungkin diucapkan oleh karakter dalam acara itu, aku tahu itu adalah Tuhan Sendiri yang menjawab pertanyaanku. Jadi aku tidak hanya mendengar firman Tuhan, aku belajar mendengar Firman itu sendiri melalui siapa pun yang Dia pilih untuk berbicara atau dengan cara apa pun.

“Suatu kali aku sedang duduk di bandara dan berdoa untuk jawaban atas sebuah pertanyaan, dan pasangan di sebelahku mulai berbicara. Aku tidak dapat menahan diri untuk tidak mendengar percakapan mereka, dan aku mendengar jawaban atas pertanyaanku itu.  Di lain waktu, butuh waktu bertahun-tahun sebelum Dia menjawab pertanyaan, tapi itu tetap suatu perjumpaan ilahi dan selalu istimewa."  

“Aku pikir aku telah mengalami sedikit dari ini, tetapi tidak pernah berpikir bahwa Tuhan adalah Guruku,” Mary menanggapi.

 “Aku yakin engkau pernah mengalaminya. Kemungkinan besar pernah. Yang perlu kita lakukan adalah mengejar ini sebagai kehidupan seorang murid, yang akan selalu diajar oleh Guru mereka.”

 “Hubungan yang aku bangun dengan Guruku menjadi lebih indah daripada jawaban atas pertanyaanku. Aku jadi mengerti bagaimana Tuhan memiliki kesenangan khusus dalam mengajar umat-Nya. Ini adalah jenis persekutuan yang Dia miliki dengan Adam di Taman. Aku pikir, penjelajahan dan sifat ingin tahu manusialah  yang paling menyentuh sifat kreatif-Nya.  Dia tidak hanya senang menerima pertanyaan-pertanyaan kita — Dia menyukai petanyaan-pertanyaan itu.

“Saat mengejar pengetahuan, engkau akan mulai mengenali tangan-Nya mengajarmu, aku menyebutnya sebagai 'Jejak Tuhan'. Ini seperti petualangan yang luar biasa. Sekali lagi, Tuhan tidak menyembunyikan sesuatu dari kita, tetapi Dia menyembunyikannya demi kita.  Jawaban yang kutemukan adalah harta karun, tetapi harta terbesar dari semuanya adalah petualangan dan hubungan yang aku bangun dengan Tuhan sebagai Guruku. Aku menghargai beberapa cara bagaimana pertanyaanku dijawab sama seperti aku menghargai jawabannya."

"Aku juga pernah mengalami hal itu," kata seseorang dalam kelompok itu, dan banyak yang setuju.

 Itu tidak hanya menarik bagiku untuk mendengarnya, tetapi menunjukkan kepadaku bahwa ini benar-benar kelompok yang istimewa. Selama bertahun-tahun aku mengejar Tuhan, aku telah menemukan banyak orang yang pernah mengalami hal ini, tetapi tidak banyak yang telah mengetahui bahwa ini adalah bagian utama dari hidup mereka. Saat aku menyurvei grup, aku tahu bahwa mereka benar-benar memahami hal ini. Aku menyimpulkan bahwa ini kemungkinan besar merupakan faktor bagi mereka yang membuat mereka menemukan jalan yang kami tempuh sekarang ini. Hanya William yang tampak terpikat oleh ini seolah-olah ini adalah pemikiran baru, dan tentu saja, dia adalah seorang yang baru percaya.

 "Bisakah engkau menjelaskannya sedikit lagi?"  kata William.

 “Apakah engkau benar-benar berpikir Dia ingin berhubungan dengan semua orang seperti itu, bukan hanya mereka yang dipanggil untuk berjalan di jalan ini?” tanya Mary yang lebih muda, jelas masih memikirkan keluarganya.

“Ada tertulis bahwa Dia telah memanggil kita ke dalam persekutuan dengan Putra Allah, jadi Dia ingin memiliki hubungan seperti ini dengan semua umat-Nya.  Tampaknya kegagalan kita untuk memenuhi Amanat Agung telah merampas banyak dari ini.  Tugas kita adalah memuridkan, bukan hanya menobatkan orang. Seorang murid adalah seorang yang belajar.  Bagaimanapun, pemuridan alkitabiah lebih dari sekedar menjadi seorang pelajar. Seorang murid memiliki tujuan tunggal untuk belajar dari gurunya dan menjadi seperti gurunya.
 Ini harus menjadi satu pengabdian terpenting dalam hidup kita, pikiran pertama kita di pagi hari dan pikiran terakhir kita sebelum tidur.”

(Bersambung ke Bagian 14)












 
 
   
 
   
Blog, Updated at: 1:47 PM

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon TIDAK menggunakan kata-kata kotor atau kasar yang tidak memuliakan nama Tuhan. Terima kasih atas perhatiannya. Salam Revival!

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.