KOMUNITAS PERSATUAN INTERDENOMINASI GEREJA YANG MEMPERJUANGKAN TERJADINYA KEBANGUNAN ROHANI

TUJUAN BERKAT DAN KEBAIKAN-NYA

Posted By passion for revival on Selasa, 05 November 2019 | 8:00 PM


Oleh : Peter B, MA



Ayat Hari Ini :

Mazmur 105:37-45 (TB)
37 Dituntun-Nya mereka keluar membawa perak dan emas, dan di antara suku-suku mereka tidak ada yang tergelincir.
38 Orang Mesir bersukacita, ketika mereka keluar, sebab orang-orang Mesir itu ditimpa ketakutan terhadap mereka.
39 Dibentangkan-Nya awan menjadi tudung, dan api untuk menerangi malam.
40 Mereka meminta, maka didatangkan-Nya burung puyuh, dan dengan roti dari langit dikenyangkan-Nya mereka.
41 Dibuka-Nya gunung batu, maka terpancarlah air, lalu mengalir di padang-padang kering seperti sungai;
42 sebab Ia ingat akan firman-Nya yang kudus, akan Abraham, hamba-Nya.
43 Dituntun-Nya umat-Nya keluar dengan kegirangan dan orang-orang pilihan-Nya dengan sorak-sorai.
44 Diberikan-Nya kepada mereka negeri-negeri bangsa-bangsa, sehingga mereka memiliki hasil jerih payah suku-suku bangsa,
45 agar supaya mereka tetap mengikuti ketetapan-Nya, dan memegang segala pengajaran-Nya. Haleluya!

Dalam Mazmur 105, pemazmur sedang mengingat, mengenang, merenungkan kembali serta menghitung kebaikan² Tuhan atas umat-Nya.

Sesungguhnya banyak dan besar² perbuatan ajaib Tuhan, yang kesemuanya itu baik serta merupakan pernyataan kasih yang luar biasa bagi umat-Nya. Berkat maupun kebaikan Tuhan, sejatinya tak terhitung banyaknya, sekalipun kita berusaha sekuat tenaga untuk menjumlahkannya. Kebaikan Tuhan itu ada di sekitar kita. Pernah dinyatakan di masa lampau. Masih diberikan hingga hari ini dan bahkan sedang kita alami saat membaca tulisan ini. Itupun masih akan dikerjakan-Nya besok, lusa hingga tahun² kehidupan yang masih diberikan pada kita semua di bumi. Dia baik dan kasih setia-Nya dari selama-lamanya sampai selama-lamanya.

Hanya orang² yang berhati degil, buta dan picik, serta tidak tahu berterima kasih saja yang secara kurang ajar mengatakan bahwa dirinya tak pernah menerima atau merasakan kebaikan Tuhan. Sebagai contoh sederhana saja, apabila hari ini Anda dalam keadaan sehat, bernafas dengan baik, masih dapat menikmati makan pagi atau siang atau malam Anda hari ini, semuanya karena kebaikan kemurahan Tuhan. Sebab jika Ia itu jahat dan pemarah, maka pikiran, niat, kata², serta sikap hati kita yang tidak memperkenankan-Nya akan segera diganjar-Nya dengan hukuman  yang keras, yang membuat hidup Anda tidak akan menyenangkan sama sekali. Sungguh, kita ini menjalani hidup waktu demi waktu karena kasih karunia-Nya yang besar masih dilimpahkan di hidup kita.

Dalam nats di atas, pemazmur merenungkan satu persatu akan apa yang telah Tuhan lakukan bagi Israel sejak bangsa itu keluar dari Mesir. Mereka keluar dari Mesir dengan gembira. Mereka membawa emas dan perak Mesir bersama mereka. Kaum yang kecil tetapi ditakuti suatu bangsa yang besar pada waktu itu. Di padang gurun pun mereka menerima kemurahan Tuhan. Makan minum mereka dicukupi. Merekapun mewarisi negeri yang kaya raya, menikmati hasil yang tidak mereka usahakan dengan jerih lelah sebelumnya. Sungguh banyak kebaikan dan berkat Tuhan. Terlalu banyak untuk diingat dan diceritakan.


Maksud Tuhan Memberkati Kita
Di bagian akhir dari rangkaian nats di atas (ayat 45) tertulis tujuan setiap kemurahan dan berkat Tuhan itu diberikan :

"agar supaya mereka tetap mengikuti ketetapan-Nya, dan memegang segala pengajaran-Nya"

Inilah suatu kebenaran penting dalam mengikut Tuhan. Ia melimpahkan segala kebaikan di hidup kita sampai hari ini adalah supaya kita tetap terhubung dengan Dia, hidup dalam ketaatan dan ketundukan akan perintah, petunjuk dan prinsip² yang diajarkan-Nya. Ia ingin supaya kita tidak menjadi lemah atau putus asa dalam mengikut Dia walupun menyangkal diri dan memikul salib setiap harinya namun senantiasa boleh yakin bahwa hidup kita akan selalu ditopang-Nya saat melakukan kehendak-Nya, yang pada dasarnya diberikan dan ditetapkan bagi kita untuk kebaikan kita juga.
Jadi dengan kata lain, Ia tidak akan meninggalkan kita saat kita mau hidup benar dan adil, mengikuti petunjuk dan rencana terbaik yang telah disiapkan-Nya bagi kita masing² secara pribadi maupun sebagai umat-Nya secara korporat. Ia selalu siap menolong dan memberkati kita apapun yang kita hadapi. Kita akan berkemenangan dalam segala sesuatu asalkan kita sungguh² mau hidup seturut kerinduan-Nya.

Matius 6:33 memberikan janji pada kita bahwa jika kita mencari dahulu kerajaan dan kebenaran-Nya, semua berkat² jasmani akan ditambahkan pada kita. Janji itu merupakan suatu kepastian.  Se­bab jika kita selagi belum hidup melakukan  kehendak-Nya saja sudah menerima kebaikan-Nya, betapa Ia pasti akan memberkati kita ketika kita sungguh² hidup seturut kehendak-Nya!

SELAMA KITA BERSEDIA HIDUP DALAM KEHENDAK-NYA, TUHAN PASTI AKAN MEMBERKATI KITA DENGAN KELIMPAHAN BERKAT SERTA KEBAIKAN-NYA.

Itu adalah janji-Nya. Pasti Ia akan tunaikan saat kita melakukan bagian kita. Tidak perlu kita mencari cara dan menggali² rahasia firman demi mencari kunci hidup sukses dan diberkati Tuhan. Tidak usah kita menggunakan cara² yang berkesan memanipulasi Tuhan, yang sesungguhnya lebih memancarkan sikap tidak percaya (bahwa Tuhan melakukan bagian-Nya untuk memberkati kita) daripada suatu keyakinan yang teguh bahwa hidup kita dijamin dan diurus dengan sangat baik di bawah naungan gembala terbaik yang pernah ada itu.

Bagian kita bukanlah memikirkan apa dan bagaimana Tuhan akan memberkati kita. Bagian kita adalah berlaku taat di hadapan-Nya. Jika kita memusatkan diri untuk menjalani hidup yang demikian, berkat dan semua kebaikan sorga akan dicurahkan dalam hidup kita. Sebab Ia mau kita bersukacita dan berbahagia selagi kita menjalani hidup yang tunduk kepada Dia.

Jadi, pikirkanlah bagaimana Anda berkenan di hadapan Tuhan setiap hari.
Perhatikan apakah hati Anda tertuju kepada Dia untuk mengasihi Dia dan tulus ikhlas taat melakukan kehendak-Nya.
Periksalah apakah langkah Anda berada di jalan yang dikehendaki-Nya bagi Anda.
Ujilah diri Anda apakah Anda hidup diisi dengan melakukan kehendak Tuhan atau tidak.
Hentikanlah usaha memperalat Tuhan melalui sikap dan kebiasaan rajin dan rutin beribadah serta sibuk dalam berbagai aktivitas rohani dengan motivasi memperoleh berkat dan keberhasilan di dunia ini . Tuhan tidak datang hanya seminggu sekali untuk melihat kehadiran dan menjadi penilai Anda di gereja. Ia melihat hidup Anda sehari² bahkan hingga ke dasar hati Anda yang terdalam. Dia tahu apakah Anda benar² mau hidup taat kepada-Nya atau tidak.

Seberapa Ia melihat penyerahan dan kerelaan Anda untuk taat kepada-Nya, sebesar itulah Ia akan memberkati dan melimpahkan segala kebaikan-Nya bagi Anda.
Dan sebaliknya pun berlaku. Apabila hati Anda tak bersedia untuk taat dan tunduk kepada-Nya, seberapapun Anda berharap Tuhan memberkati Anda, Ia tetap tak akan melimpahkan berkat² terbaik-Nya bagi diri Anda.

Ingatlah kebenaran ini : kebaikan-Nya diberikan supaya Anda taat dan ketika Anda hidup taat, berkat-Nya makin tercurah bagi hidup Anda.

Tuhan melimpahi orang² yang taat dengan berkat. Tetapi bagi yang tidak taat, hidup Anda masih dalam keadaan baik oleh karena kemurahan-Nya saja, yang jika itu tetap disia²kan dengan tidak pernah menujukan hati pada Tuhan, Ia akan mengganjar setiap ketidaktaatan dengan hajaran dan penghukuman. Sesuatu yang tidak diharapkan-Nya dijatuhkan atas Anda.

Jadi, manakah pilihan terbaik menurut Anda?


Salam Revival!
Tuhan Yesus Memberkati Kita Semua

Bagi saudara-saudari yang berminat bergabung dalam group whatsapp dapat menghubungi no whatsapp 082299968682 atau 081803895744 atau 08980858661

Dengan bersedia mengikuti persyaratan di bawah ini:
https://worshipcenterindonesia.blogspot.com/2017/06/belajar-bersama-bertumbuh-bersama-di.html

 
 
   
 
   
Blog, Updated at: 8:00 PM

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon TIDAK menggunakan kata-kata kotor atau kasar yang tidak memuliakan nama Tuhan. Terima kasih atas perhatiannya. Salam Revival!

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.