KOMUNITAS PERSATUAN INTERDENOMINASI GEREJA YANG MEMPERJUANGKAN TERJADINYA KEBANGUNAN ROHANI

ORANG-ORANG BERDOSA DI TANGAN ALLAH YANG MURKA

Posted By passion for revival on Senin, 20 Juni 2016 | 9:50 AM

 (terjemahan dari Sinners in the Hands of an Angry God oleh Jonathan Edwards) - Bagian 3 (selesai)

Betapa mengerikannya firman dalam Yes. 63:3 ini, yang adalah firman dari Allah yang agung. “Aku telah mengirik bangsa-bangsa dalam murka-Ku, dan Aku telah menginjak-injak mereka dalam kehangatan amarah-Ku; semburan darah mereka memercik kepada baju-Ku, dan seluruh pakaian-Ku telah cemar.” Mungkin mustahil bagi kita untuk dapat memahami secara tepat makna mengenai tiga hal ini, yaitu, kejijikan, kebencian, dan kedahsyatan dari murka-Nya. Jika Anda menangis dan berseru kepada Tuhan untuk mendapatkan belas kasihan, Ia tidak akan merasa kasihan sedikit pun kepada penderitaan Anda yang menyedihkan, atau sedikit pun memerhatikan dan menolong Anda, sebaliknya, Ia akan menginjak-injak Anda di bawah kaki-Nya. Dan meskipun Ia mengetahui bahwa Anda tidak sanggup menanggung beratnya beban kekuatan-Nya yang menekan Anda, namun Ia sama sekali tidak peduli, bahkan Ia justru akan menghancurkan Anda di bawah kaki-Nya tanpa belas kasihan; Ia akan menumpahkan darah Andakeluar, dan membuatnya berhamburan, dan memercik ke baju-Nya, dan mencemari seluruh pakaian-Nya. Ia tidak hanya sekadar membenci Anda, tetapi Ia akan sangat jijik kepada Anda: tidak ada tempat yang layak untuk Anda, kecuali di bawah kaki-Nya untuk diinjak-injak seperti lumpur di jalanan.


3.    Penderitaan yang akan Anda hadapi adalah penderitaan yang dibuat oleh Tuhan untuk menunjukkan bagaimana atau seperti apa kemarahan dari Jehovah. Allah telah merancangkan hal itu di dalam hati-Nya untuk menunjukkan kepada para malaikat dan manusia, tentang betapa sempurnanya kasih-Nya dan juga betapa mengerikan murka-Nya. Kadang kala raja-raja dunia memiliki pemikiran untuk menunjukkan betapa mengerikan murka mereka itu, dengan penghukuman-penghukuman yang ekstrim yang akan mereka laksanakan kepada orang-orang yang membuat mereka marah. Nebukadnezar, raja yang kuat dan angkuh dari kerajaan Kasdim, yang dengan tidak segan-segan menunjukkan murkanya saat marah kepada Sadrakh, Mesakh, dan Abednego; oleh karena itu ia memberikan perintah untuk memanaskan tungku perapian yang menyala-nyala hingga tujuh kali lebih panas dari sebelumnya; tidak diragukan lagi, suhunya telah dinaikkan hingga ke tingkat yang paling tinggi yang dapat dibuat oleh pikiran manusia. Tetapi Allah yang mahabesar juga tidak segan-segan untuk menunjukkan murka-Nya, dan menyatakan kedahsyatan kemuliaan-Nya serta kekuatan kuasa-Nya di dalam penderitaan-penderitaan ekstrim yang dialami oleh musuh-musuh-Nya. Rom. 9:22. “Jadi, kalau untuk menunjukkan murka-Nya dan menyatakan kuasa-Nya, Allah menaruh kesabaran yang besar terhadap benda-benda kemurkaan-Nya, yang telah disiapkan untuk kebinasaan.” Dan melihat hal ini adalah rancangan dan ketetapan-Nya, dan juga untuk menunjukkan betapa mengerikan murka yang tak terbatas itu, serta kemarahan dan kedahsyatan murka Jehovah, maka Ia pasti akan melaksanakannya. Akan ada yang akan segera digenapi dan dilaksanakan dan akan menggentarkan dengan dilihat satu saksi. Ketika Allah yang besar dan sedang murka telah bangkit dan melaksanakan pembalasan-Nya yang mengerikan terhadap orang-orang berdosa yang celaka ini, dan ketika jiwa-jiwa terkutuk ini benar-benar menderita karena beban yang sangat berat dan dahsyat dari murka-Nya, Allah akan memanggil seisi alam semesta untuk menyaksikan kedahsyatan kemuliaan-Nya dan kekuatan kuasa-Nya yang akan dinyatakan melaluinya. Yes. 33:12-14 mengatakan, “Bangsa-bangsa akan dibakar menjadi kapur dan akan dibakar dalam api seperti semak duri yang ditebang. Hai orang-orang yang jauh, dengarlah apa yang telah Kulakukan, hai orang-orang yang dekat, ketahuilah keperkasaan-Ku! Orang-orang yang berdosa terkejut di Sion orang-orang murtad diliputi kegentaran. Mereka berkata: ‘Siapakah di antara kita yang dapat tinggal dalam api yang menghabiskan ini? Siapakah di antara kita yang dapat tinggal di perapian yang abadi ini?’”

Demikian ini akan terjadi pada Anda yang masih belum bertobat, jika Anda terus mengeraskan hati; kekuatan-Nya yang tak terbatas, kemuliaan, dan kengerian dari Allah yang mahakuasa akan dinyatakan kepada Anda, melalui penyiksaan-penyiksaan yang tak tertahankan kepada Anda. Anda akan disiksa di hadapan para malaikat kudus, dan di hadapan Anak Domba; dan ketika Anda dalam keadaan yang menderita, seluruh penghuni surga yang mulia akan keluar dan melihat pemandangan yang mengerikan itu, sehingga mereka dapat melihat seperti apa murka dan kedahsyatan dari Yang Mahakuasa; dan ketika mereka melihatnya, mereka akan bertekuk lutut dan sujud menyembah Sang Mahakuasa dan Mahamulia itu. Yes. 66:23, 24. “Bulan berganti bulan, dan Sabat berganti Sabat, maka seluruh umat manusia akan datang untuk sujud menyembah di hadapan-Ku, firman TUHAN. Mereka akan keluar dan akan memandangi bangkai orang-orang yang telah memberontak kepada-Ku. Di situ ulat-ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam, maka semuanya akan menjadi kengerian bagi segala yang hidup.”

4.    Ini adalah murka yang kekal. Sudah cukup mengerikan menanggung kemarahan dan murka Allah seketika saja lamanya; tetapi Anda harus menanggungnya di sepanjang kekekalan. Tidak akan ada akhir untuk penderitaan yang begitu mengerikan ini. Ketika Anda melihat ke depan, Anda akan melihat waktu yang sangat lama, suatu masa yang tiada berakhir terbentang di hadapan Anda, dimana akan menelan habis semua pemikiran Anda, dan mengejutkan jiwa Anda; dan Anda akan benar-benar putus asa atau kehilangan harapan karena tidak akan ada pembebasan, tidak akan pernah berakhir, tidak akan ada keringanan hukuman, tidak akan ada perhentian atau ketenangan sama sekali. Anda akan mengetahui dengan pasti bahwa Anda harus masa-masa yang sangat-sangat panjang, berjuta-juta dari berjuta-juta tahun lamanya, dalam pergumulan dan perjuangan menanggung pembalasan yang tanpa ampun dari Yang Mahakuasa; lalu ketika Anda telah menjalaninya, setelah selama berabad-abad lamanya menderita yang sedemikian hebat, Anda akan mendapati bahwa semuanya ini masih belum mengurangi sedikit pun hukuman yang masih harus Anda tanggung. Demikianlah penghukuman Anda sungguh-sungguh tak berakhir. Oh! Siapakah yang dapat membayangkan bagaimana keadaan jiwa yang berada dalam keadaan yang demikian! Semua yang mungkin dapat kita katakan mengenai hal ini, sangat lemah dan merupakan gambaran yang samar; ini adalah sesuatu yang tidak terkatakan dan tidak dapat dibayangkan: “Siapa yang mengetahui kekuatan murka Allah?”

Betapa mengerikan keadaan mereka yang setiap hari dan setiap saat berada dalam bahaya kedahsyatan murka dan penderitaan kekal ini! Tetapi ini adalah akhir yang menyedihkan dari setiap jiwa dalam jemaat ini yang belum dilahirkan kembali, tidak peduli seberapa baik dan sempurna tampaknya moral mereka, seberapa bijaksana dan seberapa salehnya, mereka tidak akan terluput. Oh! Anda harus merenungkan sungguh-sungguh hal ini, apakah Anda seorang yang masih muda atau tua! Ini adalah alasan untuk Anda berpikir, bahwa ada begitu banyak orang di dalam kumpulan jemaat ini yang sekarang sedang mendengar khotbah ini, yang sesungguhnya akan menjadi subyek-subyek dari kesengsaraan yang amat sangat ini untuk selama-lamanya. Kami tidak tahu siapa mereka, atau dimana mereka duduk, atau apa yang sedang dipikirkan mereka sekarang. Mungkin saat ini mereka merasa tenang atau nyaman, dan mendengar semuanya ini tanpa banyak merasa terusik atau tergoncang, dan bahkan sedang sesumbar bahwa mereka bukanlah orang-orang yang dimaksud, sambil meyakinkan diri mereka sendiri bahwa mereka akan terluput. Seandainya kita mengetahui bahwa ada satu orang, dan hanya seseorang saja, di dalam seluruh kumpulan jemaat, yang akan mengalami penderitaan ini, betapa mengerikannya memikirkan hal itu! Jika kita mengetahui siapa orang itu, betapa mengerikannya menyaksikan orang yang dalam keadaan seperti itu! Betapa seluruh jemaat lain yang tersisa akan meratapi dan menangisi orang itu! Tetapi, Aduh! berapa banyak jiwa yang mungkin akan mengingat khotbah ini di dalam neraka? Dan merupakan suatu keajaiban, jika beberapa orang yang ada sekarang ini tidak pergi ke neraka dalam waktu yang sangat dekat, bahkan sebelum tahun ini berakhir. Dan bukanlah sesuatu yang mengherankan, jika beberapa orang, yang sekarang duduk di sini, di kursi-kursi dalam ruang pertemuan ini, dengan tubuh yang sehat, tenang dan aman, harus ada di sana (neraka) sebelum esok pagi. Bagi Anda yang masih tetap hidup dalam keadaan yang baik-baik saja, yang masih belum pergi ke neraka akan segera berada di sana dalam waktu yang singkat! Kutukan kepada Anda tidak pernah tertidur; melainkan akan datang dengan cepat, dalam segala kemungkinan, dan dengan sangat tiba-tiba menimpa sebagian besar dari Anda. Anda memiliki alasan untuk bertanya mengapa Anda tidak  berada di dalam neraka saat ini. Sangat diragukan apabila ada orang yang pernah Anda lihat atau kenal lebih layak masuk ke neraka daripada Anda dan yang saat ini dulu pernah ada di sekitar sini dan hidup seperti Anda.  Keadaan mereka saat ini adalah tanpa harapan; mereka menangis dalam penderitaan yang hebat dan keputus-asaan yang amat sangat; tetapi di sini Anda berada di negeri orang hidup dan di dalam rumah Allah, dan memiliki kesempatan untuk memeroleh keselamatan. Apa yang tidak akan diberikan oleh jiwa-jiwa celaka yang terkutuk dan tanpa pengharapan yang ada di neraka sekarang untuk satu hari saja kesempatan demikian seperti yang Anda nikmati sekarang!

Dan sekarang Anda memiliki kesempatan yang luar biasa, hari dimana Kristus telah membuka lebar pintu belas kasihan-Nya, dan berdiri untuk memanggil dan berseru dengan suara nyaring kepada orang-orang berdosa yang celaka ini; hari dimana banyak orang yang berbondong-bondong datang kepada Dia, dan berdesakan masuk ke dalam kerajaan Allah. Setiap hari mereka datang dari timur, barat, utara dan selatan; banyak dari mereka yang sebelumnya berada dalam kondisi yang sama menyedihkannya dengan kondisi Anda, tetapi sekarang dalam keadaan yang berbahagia, dengan hati mereka yang dipenuhi dengan kasih kepada Dia yang telah lebih dulu mengasihi mereka, dan membasuh mereka dari dosa-dosa mereka dengan darah-Nya sendiri, dan bersukacita dalam pengharapan akan kemuliaan Allah. Betapa tragisnya mereka yang melewatkan hari yang demikian! Untuk melihat begitu banyak orang lain sedang berpesta, sementara Anda dalam keadaan merana dan binasa! Untuk melihat begitu banyak yang bergembira dan bernyanyi karena sukacita di dalam hati, sementara Anda memiliki alasan untuk berdukacita karena penderitaan di dalam hati, dan meratap karena keputus-asaan di dalam roh! Bagaimana Anda dapat tinggal tenang sesaat saja dalam kondisi yang demikian? Bukankah jiwa Anda sama berharganya dengan jiwa-jiwa dari orang-orang yang ada di Suffield, dimana mereka datang berbondong-bondong kepada Kristus setiap hari?

Adakah mereka yang telah hidup cukup lama di dunia, yang hingga hari ini belum dilahirkan kembali? Dan di luar persekutuan dengan umat pilihan Allah, yang tidak pernah melakukan apa-apa semenjak mereka hidup, selain menimbun murka Allah sampai pada hari penghakiman nanti? Oh, saudara-saudara, keadaan Anda, sungguh-sungguh sangat berbahaya. Kesalahan dan kedegilan hati Anda sangat besar. Tidakkah Anda melihat bagaimana orang-orang yang seusia Anda yang telah meninggal dan menyia-nyiakan pengampunan dan kasih karunia Allah yang luar biasa dan ajaib ini? Anda perlu memikirkan sungguh-sungguh keadaan diri Anda sendiri, dan bangun sepenuhnya dari tidur Anda. Anda tidak akan sanggup menanggung kengerian, kedahsyatan dan murka dari Allah yang tak terbatas itu - dan Anda, para pemuda dan pemudi, akankah Anda menyia-nyiakan waktu yang berharga ini dimana Anda sekarang sedang menikmatinya, sementara banyak teman-teman seusia Anda yang lainnya telah merelakan semua kesenangan masa muda mereka dan datang kepada Kristus? Anda secara khusus memiliki kesempatan yang sangat berharga sekarang; tetapi jika Anda mengabaikan atau menyia-nyiakan hal ini, murka dan penghakiman Allah akan segera datang kepada Anda seperti kepada mereka yang menghabiskan seluruh hari-hari berharga pada masa muda mereka di dalam dosa, dan yang sekarang masuk dalam lubang kebutaan dan kebebalan yang mengerikan. Dan Anda sekalian, anak-anak, yang belum bertobat, apakah kalian tidak tahu bahwa kalian sedang berjalan menuju ke neraka, untuk menanggung murka Allah yang mengerikan, yang sekarang sedang marah kepada kalian setiap hari dan setiap malam? Apakah kalian cukup puas atau senang dengan menjadi anak-anak dari iblis, dimana banyak anak-anak yang lain di negeri ini telah bertobat dan telah diubahkan menjadi anak-anak dari Raja di atas segala raja yang kudus dan berbahagia?   

Biarlah setiap orang yang saat ini masih berada di luar Kristus, dan sedang tergantung di atas lubang neraka, baik mereka adalah laki-laki dan perempuan usia tua, atau usia pertengahan/dewasa, atau orang-orang muda/remaja, atau anak-anak kecil, sekarang dengarkanlah panggilan yang keras dari firman Allah dan kasih karunia-Nya. Ini adalah tahun penentuan dari Tuhan, suatu hari pertolongan bagi beberapa orang, tetapi juga pasti akan menjadi hari pembalasan yang hebat bagi sebagian yang lain. Hati orang-orang semakin keras, dan kesalahan mereka terus meningkat dengan sangat cepat setiap hari, jika mereka tidak peduli pada keselamatan jiwa-jiwa mereka; dan tidak ada bahaya yang lebih besar seperti yang ada pada orang-orang yang mengeraskan hati dan pikiran yang telah dibutakan. Tuhan nampaknya sekarang sedang bergerak cepat mengumpulkan umat pilihan-Nya dari berbagai belahan bumi ini; dan mungkin sebagian besar orang-orang yang akan diselamatkan, akan ditarik dalam waktu yang singkat, dan itu akan seperti yang pernah terjadi pada peristiwa pencurahan Roh Kudus ke atas orang-orang Yahudi pada hari para rasul; orang-orang pilihan akan dikumpulkan, dan yang lainnya akan dibutakan. Jika hal ini terjadi kepada Anda, Anda akan mengutuki hari itu selamanya, dan juga akan mengutuki hari kelahiran Anda, melihat suatu masa pencurahan Roh Kudus semacam itu, Anda akan berharap Anda sudah mati dan pergi ke neraka sebelum melihat hal itu.  Sekarang tanpa diragukan lagi, seperti pada hari Yohanes Pembaptis, kapak telah diletakkan tepat di akar pohon-pohon, dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, akan ditebang dan dibuang ke dalam api.

Oleh karena itu, biarlah setiap orang yang berada di luar Kristus, sekarang sadarlah dan larilah dari murka yang akan tiba. Murka dari Allah yang Mahakuasa tidak diragukan lagi sekarang tergantung di atas sebagian besar dari kumpulan jemaat ini; biarlah setiap orang melarikan diri dari Sodom: “cepat dan selamatkanlah dirimu, jangan menengok ke belakang, larilah ke gunung, supaya engkau jangan mati lenyap.”



 
 
   
 
   
Blog, Updated at: 9:50 AM

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon TIDAK menggunakan kata-kata kotor atau kasar yang tidak memuliakan nama Tuhan. Terima kasih atas perhatiannya. Salam Revival!

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.