KOMUNITAS PERSATUAN INTERDENOMINASI GEREJA YANG MEMPERJUANGKAN TERJADINYA KEBANGUNAN ROHANI

DEKAT, BAHKAN SANGAT DEKAT

Posted By passion for revival on Kamis, 07 November 2019 | 7:44 PM


Oleh : Peter B, MA



Ayat Hari Ini :

Ibrani 8:10 (TB)
 "Maka inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu," demikianlah firman Tuhan. "Aku akan menaruh hukum-Ku dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.

Nats di atas berbicara mengenai perjanjian baru yang Tuhan adakan dengan orang Israel. Perjanjian itu dimulai dengan kedatangan Kristus dan berlaku setelahnya. Dan bukan dengan  bangsa Israel saja perjanjian tersebut berlaku tetapi juga bagi seberapa banyak orang yang bersedia menjadi umat Tuhan.

Dalam perjanjian yang baru, Tuhan berhubungan dengan cara yang lebih mendalam. Ia bekerja langsung dengan luas dan kuat dalam batin manusia daripada melalui hal² yang berkaitan dengan yang lahiriah.

Mengenai Ibrani 8:10, nats kita di atas itu, penafsir Alkitab terkenal, Albert Barnes mengatakan bahwa nats tersebut berbicara tentang sistem yang baru mengenai bagaimana cara Tuhan di waktu² sekarang ini berhubungan dengan umat-Nya :

"Maknanya di sini adalah, bahwa hukum² Allah tidak lagi sekedar berkaitan dengan hal-hal eksternal atau jasmaniah tetapi berpengaruh hingga ke dalam kesadaran jiwa dan dalam hati. Hukum² Ibrani terutama berhubungan dengan ritual² dan upacara² yang dilakukan secara lahiriah; tapi hukum dari perjanjian yang baru berhubungan secara khusus dengan manusia batiniah, dan dirancang untuk mengendalikan hati manusia.
Keunikan utama dari sistem/ajaran Kristen adalah, bahwa hal itu menata kesadaran dalam jiwa dan prinsip² dalam hati daripada terhadap hal² yang tampak luar. Hal itu mengatur hanya sedikit saja ritual lahiriah dan kesemuanya itupun benar² sederhana saja sifatnya karena semata-mata merupakan ekspresi² yang selayaknya dari rasa kesalehan yang semestinya ada di dalam hati. Semua usaha, apakah yang bermaksud memperbanyak ritual² ini atau mengadakannya dengan mengesankan keagungan ritual² itu sejauh ini justru akan berakibat mengurangi kesederhanaan Injil dan merusakkan nilai iman yang sejati"

Dalam perjanjian baru, kita terhubung dengan Tuhan sejak di hati yang terdalam. Siapa yang mencari Tuhan dengan segenap hati akan menemukan-Nya oleh karena Ia telah memutuskan menjumpai kita di lubuk hati kita yang paling dasar. Ia sendiri akan memberitahukan dan mengajarkan hukum²Nya di hati kita supaya kita akhirnya mengenal Dia dengan benar. Kita secara pribadi akan menjadikan Dia Tuhan dan kita pun dijadikan-Nya sebagai umat-Nya. Dia menjadi milik setiap kita dan setiap masing² dari kita pun menjadi milik-Nya.

Ini jauh lebih dalam dan intim daripada orang² Israel kuno di masa perjanjian lama dalam berhubungan dengan Tuhan. Inilah kasih karunia bagi kita. Tuhan berkenan berhubungan sedemikian erat, akrab dan intim dengan setiap kita. Ia menyediakan diri untuk hadir, kapan saja dan dimana saja kita mencari dan memanggil-Nya. Kepada kita pun akan diberikan pengertian² akan jalan²Nya -jika kita benar-benar mengarahkan dan menujukan hati kepada-Nya.

Oh, betapa sangat rindunya Tuhan terhubung dengan kita. Betapa inginnya Dia menyatakan diri dan mengajar kita akan kehendak dan petunjuk²Nya!
Dia telah menjadikan diri-Nya sedekat hati yang berseru dalam rasa dahaga akan kehadiran-Nya dan Dia pun akan datang menyegarkan hati yang gersang itu. Dia tidak lagi harus dijangkau dengan segala tata cara, formalitas serta berbagai persiapan rupa² sarana dalam pelaksanaan ritual yang banyak itu. Ia hanya sejauh lutut yang berdoa dan mulut yang membisikkan nama-Nya. Ia hanya sejauh mata yang terpejam dan lidah yang mengucap, "Yesus datang dan jamahlah aku."

Sekali lagi, inilah kasih karunia bagi Anda dan saya.

Adakah kita menyambut dan menggunakan kasih karunia ini dan mengalami kesempatan besar berjalan bersama Yang Mahakuasa setiap hari dan menerima tuntunan terbaik-Nya?

Salam Revival!
Tuhan Yesus Memberkati Kita Semua


 
 
   
 
   
Blog, Updated at: 7:44 PM

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon TIDAK menggunakan kata-kata kotor atau kasar yang tidak memuliakan nama Tuhan. Terima kasih atas perhatiannya. Salam Revival!

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.