KOMUNITAS PERSATUAN INTERDENOMINASI GEREJA YANG MEMPERJUANGKAN TERJADINYA KEBANGUNAN ROHANI

PENGERTIAN DARI KITAB AMSAL 9:6

Posted By passion for revival on Rabu, 06 September 2017 | 9:13 AM

Oleh Peter B, MA



"Buanglah kebodohan, maka kamu akan hidup, dan ikutilah jalan pengertian." 
Amsal 9:6


Pengertian yang dimaksud dalam Amsal 9:6 sebenarnya bermakna "pemahaman". Kata itu juga ada di dalam Amsal 3:5 "...jangan bersandar pada pengertianmu sendiri".
Itu juga ada di dalam Amsal 23:4 yang diterjemahkan sebagai kata "niat" dalam Alkitab Indonesia padahal bahasa aslinya adalah "pengertian" sehingga Amsal 23:4 mestinya berbunyi "Jangab bersusah payah untuk menjadi kaya, tinggalkanlah pengertian/hikmat (versi KJV) semacam itu dari benakmu"

Jadi ada berbagai macam pengertian dan pemahaman di dunia ini. Tapi yang dimaksud Amsal 9:6 tentu PENGERTIAN YANG ADA PADA TUHAN.
Dalam banyak ayat lainnya di dalam Alkitab, kata "pengertian" ini juga diterjemahkan sebagai "wisdom atau hikmat" misalnya dalam Ayub 39:26 dan Amsal 23:4 dalam Alkitab bahasa Inggris.  Namun sebenarnya dalam Amsal 8:12, 14 (TB) disebutkan dengan jelas bahwa pengertian itu sama dengan hikmat:

 Aku, hikmat, tinggal bersama-sama dengan kecerdasan, dan aku mendapat pengetahuan dan kebijaksanaan.
Padaku ada nasihat dan pertimbangan, akulah pengertian, padakulah kekuatan.

Jadi pengertian dapat disebut sebagai pemahaman dari Tuhan atau hikmat Tuhan.

Jalan adalah sarana menuju suatu tempat/tujuan dan tujuan dari jalan pengertian adalah hikmat atau pikiran Tuhan itu sendiri.

Jadi "jalan pengertian" adalah jalan atau sarana yang memberikan kita pengertian-pengertian sejati dari Tuhan sendiri.

Perintah untuk mengikuti jalan pengertian merupakan perintah pertobatan. Suatu perintah untuk berbalik dari kebodohan. "TINGGALKAN kebodohan, IKUTILAH JALAN pengertian"

Ya, kita diperintahkan untuk terus berada dan berjalan di jalur yang membawa kita pada pengertian dan pemahaman yang benar dari Tuhan, bukan pemahaman kita sendiri (yang sudah terbiasa kita ikuti dan jalani sebelum mengenal Tuhan) yang sebenarnya kebanyakan berupa kebodohan saja (Amsal 3:3-5).

Pertanyaannya, maukah kita mengikuti jalan ini?
Semuanya diawali dari kesadaran akan kebodohan kita lalu mulai belajar sebagai murid-murid Tuhan untuk beroleh pengertian
 
 
   
 
   
Blog, Updated at: 9:13 AM

1 komentar:

Mohon TIDAK menggunakan kata-kata kotor atau kasar yang tidak memuliakan nama Tuhan. Terima kasih atas perhatiannya. Salam Revival!

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.