KOMUNITAS PERSATUAN INTERDENOMINASI GEREJA YANG MEMPERJUANGKAN TERJADINYA KEBANGUNAN ROHANI

KEGAGALAN PEMIMPIN ROHANI MENGENALI RAJA/ PRESIDEN PILIHAN TUHAN

Posted By passion for revival on Senin, 07 Juli 2014 | 10:10 AM

Ketika mereka itu masuk dan Samuel melihat Eliab, lalu pikirnya: "Sungguh, di hadapan TUHAN sekarang berdiri yang diurapi-Nya." Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati."
(Samuel 16: 6-7)

Samuel kagum akan penampilan Eliab yang meyakinkan sebagai seorang raja dan berpikir bahwa Eliab adalah raja yang hendak Tuhan urapi. Samuel sebagai pemimpin rohani terbesar dan nabi di Israel bisa salah mengenali calon raja pilihan Tuhan. Apalagi pemimpin-pemimpin rohani Top di Indonesia juga berpotensi besar untuk salah mengenali dan mendukung calon presiden yang bukan pilihan Tuhan.


Fenomena ini terjadi karena pemimpin rohani menilai raja/ presiden dari ukuran-ukuran manusia (fisik) yang mendukung/ memungkinkan bisa memimpin bangsa (misalnya kaya, berpendidikan tinggi, berprestasi, tegas, disiplin, berkarisma, banyak pendukungnya, suka menyumbang, pandai berpidato dll).

Penampilan itu menipu dan bisa dikondisikan (pencitraan) tetapi hati tidak bisa menipu dan Tuhan tahu menilai hati manusia. Ukuran Tuhan memilih dan mengurapi raja/ presiden bahkan pemimpin rohani diukur dari melihat hatinya (seberapa dia tulus dan seberapa besar mengasihi umat-Nya). Kecakapan dan kepandaian bukanlah hal utama bagi Tuhan sebab hal itu bisa dipelajari dan Tuhan bisa ajarkan sambil jalan.

Untungnya Samuel rendah hati sehingga bisa dikoreksi oleh Tuhan dan tidak jadi mengurapi Eliab sebagai raja melainkan mengurapi Daud yang tidak berpengalaman dan tidak terpandang. Semoga pemimpin rohani di Indonesia cukup rendah hati sehingga juga bisa dikoreksi oleh Tuhan dan berani mengubah dukungannya sesuai kehendak Tuhan jika mereka telah salah pilih dan dukung calon presiden yang keliru.

Bangkitlah pemimpin rohani yang radikal di Indonesia. Amin.


(Oleh: Faith Ruddy)
 
 
   
 
   
Blog, Updated at: 10:10 AM

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon TIDAK menggunakan kata-kata kotor atau kasar yang tidak memuliakan nama Tuhan. Terima kasih atas perhatiannya. Salam Revival!

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.